.::KAJIAN KE EMPAT PULUH TIGA: Fitnah Akhir Zaman 2::.

Oleh: Ustadz Abdul Hakim.

Pada kesempatan ini kita akan melanjutkan kembali kajian kita tentang fitnah akhir zaman. Bagi seorang mukmin ketika dia meyakini akan adanya hari kiamat maka ketika itulah dia mulai berpikir, menghitung-hitung untung ruginya mempertahankan kehidupan dunia ini, karena dia tahu kiamat itu pasti akan terjadi.

Sementara dalam banyak ayat Allah mensifati kehidupan dunia dan apa yang ada di atas dunia ini bersifat fana tidak kekal, pasti akan binasa ini sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-Hadid ayat 20:

Artinya:
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangaan tentang banyaknnya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagukan para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat nanti ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaannya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

Itulah firman Allah ketika mensifati keadaan dunia. Orang yang hari ini hidup yang umurnya 70 sampai 80 tahun, 40 tahun yang lalu ketika dia keluar rumah banyak orang yang tertarik karena merasa indah dipandang, tapi hari ini orang itu kulitnya sudah keriput, giginya sudah ompong, dan dilihat sudah tidak seperti dulu, seperti itulah dunia, tidak kekal pasti binasa.

Di dalam surat Ar-Rahman ayat 26 Allah SWT berfirman:

Artinya:
Semua yang ada di bumi itu akan binasa.

itulah yang menandakan bahwa dunia ini ada batas akhir nya yaitu kiamat, hari kehancuran. Kapan terjadinya hari kiamat? Pertanyaan ini pernah ditanyakan oleh orang-orang musyrikin Quraisy kepada Rasulullah ketika berada di Makkah, maka Rasulullah diam, kemudian Allah turunkan Surat Al-A’raf ayat 187:

Artinya:
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat. “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada sisi Allah, tidak ada seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangan selain dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang dilangit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesunguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.

Maka dalam tafsir Ibnu Katsir ketika membahas ayat ini menukilkan satu Hadits bahwa dikatakan, sesungguhnya ketika terjadinya hari kiamat itu maka membuat manusia itu terkaget kaget karena tidak pernah disangka.

Kiamat tidak terjadi begitu saja, dia akan ditempuh oleh oleh tanda-tandanya, sehingga dengan kita belajar ini kita menjadi tahu bahwa kiamat sudah dekat. Rasulullah SAW bersabda: Bahwa pada waktu kiamat terjadi saat itu manusia sedang memperbaiki tempat minumnya ada juga orang yang sedang sibuk memberikan minum binatang ternaknya ada juga orang orang yang sibuk sedang mengatur barang dagangannya di pasar.

Ketika di Madinah sahabat beberapa kali bertanya ya Rasulullah kapan hari kiamat itu terjadi? Maka kata Rasulullah sendiri nggak menjawab karena urusan tentang kapan hari kiamat itu hanya Allah yang tahu. Dalam beberapa ayat dan hadis Allah hanya memberikan isyarat bahwa kiamat itu sudah dekat, dan salah satu firman Allah adalah terdapat dalam Surat Al-Anbiya ayat 1:

Artinya:
Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).

Ayat ini menjadi dalil bahwa Allah hanya menjawab bahwa kiamat itu sudah dekat. Jadi ketika kiamat terjadi manusia dalam keadaan lalai, bahkan para salaf seperti Imam Mujahid mengatakan bahwa: Manusia yang hidup ketika kiamat yang sebenarnya terjadi itulah seburuk buruk manusia, ulama banyak yang diwafatkan sehingga kebodohan merajalela, menyebar kejahilan.

Manusia menjadi bodoh, ulama-ulama yang jujur, ulama yang takut kepada allah itu sudah tidak ada, dan merekapun disebut ulama Robbani. Di zaman para salaf seperti zaman Imam Ahmad ada ulama-ulama yang jujur dan ada juga ulama-ulama yang berada di pintu penguasa yang kerjanya memberikan fatwa pembenaran atas maunya penguasa.

Maka kata Sofyan Ats-Sauri: Kalau kau lihat ulama keluar masuk di pintu penguasa dalam rangka mendukung mereka, maka hati hati ketahuilah dia itu maling. Itulah yang terjadi di zaman itu yang sudah seribu lebih tahun yang lalu, lantas bagaimana dengan zaman kita ini tentu lebih banyak lagi.

Allah SWT berfirman di dalam Surat Al-Qamar ayat 1:

Artinya:
Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.

Ayat ini dalam tafsir ibnu katsir dijelaskan bahwa berkali-kali musyrikin Quraisy itu menguji Nabi Muhammad itu sebagai Nabi benar atau palsu, ditanya kapan hari kiamat itu? Maka Nabi tidak menjawab karena itu memang hak dan rahasia Allah tetapi Allah hanya memberikan isyarat dengan turunnya ayat-ayat ini bahwa kiamat itu sudah dekat.

Allah hanya menjelaskan kalau ada pertanyaan kapan kiamat itu datang maka jawabannya berdasarkan nash-nash ini bahwa kiamat itu dekat. Ketika Rasulullah masih hidup Rasulullah SAW bersabda: Saya diutus antara saya dan datangnya hari kiamat seperti dua jari ini, beliau menunjuk telunjuk dan jari tengahnya.

Di hadits yang lain Rasulullah bersabda: Umur umat Islam dengan datangnya hari kiamat itu antara shalat Ashar dengan sholat Maghrib. Kalau zaman Rasulullah saja di sudah di ibaratkan seperti itu, sudah 1400 tahun yang lalu, lantas bagaimana sekarang ini?

Orang-orang musyrikin Quraisy sudah mendengar ayat dan hadits-hadits Rasulullah, tetapi masih saja tidak percaya dengan hari kiamat, sehingga Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ma’arij ayat 6 dan 7:

Artimya:
Sesungguhnya mereka memandang siksaan itu jauh (mustahil). Sedangkan kami memandannya dekat.

Maka dalam beberapa ayat Allah mengatakan biarkan orang-orang kafir itu mengolok-olok kamu Muhammad, tetapi mereka tetap akan di azab oleh Allah. Maka berdasarkan ayat-ayat ini dari pertanyaan yang muncul kapan kiamat itu terjadi? Maka Allah hanya memberikan jawaban kiamat itu dekat waktunya, adapun kapan? itu rahasia Allah, Rasul tidak diberitahu, Malaikat pun tidak diberitahu.

Download Mp3 Disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s