.::KAJIAN KE EMPAT PULUH DUA: Fitnah Akhir Zaman::.

Oleh: Ustadz Abdul Hakim.

Pada kesempatan ini kita akan melanjutkan kajian kita, dan kita akan membahas tentang satu tema yaitu fitnah dan petaka atau huru hara yang terjadi menjelang datangnya hari kiamat.

Kami merasa tema ini penting untuk disampaikan mengingat tema ini jarang sekali disentuh, maka kita merasa perlu untuk membicarakan tema ini. Semoga harapannya dengan kita mengkajinya kita menjadi tahu bahwa apa saja fitnah, malapetaka, huru-hara, dan goncangan menjelang datangnya hari kiamat.

Berbicara hari kiamat sudah pasti kaitanya dengan rukun iman, iman akan adanya hari akhir atau hari kiamat. Rasul kita Nabi Muhammad SAW mengatakan antara diutusnya aku dan hari kiamat seperti dua jari ini, beliau menunjuk jari telunjuk dan ibu jarinya. Kalau sejak zaman Rasulullah saja sudah dikatakan dekat, sekarang sudah berjalan 1400 tahun lebih, maka berarti sudah lebih dekat lagi.

Maka oleh karena itu kita perlu mengetahui dan perlu mempersiapkan diri mengingat nanti dan dalam banyak hadits Rasulullah menjelaskan sebelum kiamat yang sebenarnya terjadi akan bermunculan fitnah demi fitnah, kerusakan demi kerusakan.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hasyr:

Artinya:
Hai orang orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah tiap-tiap dari kalian memperhatikan apa yang telah diperbuat untuk hari esok.

Di dalam ayat ini Allah mengingatkan apa yang sudah kita perbuat untuk menjelang datangnya hari kiamat, sedangkan kiamat itu tidak terjadi begitu saja, tetapi kiamat itu nanti akan ada hal-hal yang mendahului terjadinya hari kiamat.

Fitnah yang terjadi sebelum hari kiamat begitu dahsyat sehingga Rasulullah menggambarkan sampai-sampai orang itu mempertahankan iman sehari semalam saja tidak mampu, pagi orang beriman dan sorenya sudah kufur, saking dahsyatnya fitnah itu orang bertahan dengan iman yang benar sehari semalam saja tidak mampu.
Maka sudah selayaknyalah kita merenungi firman Allah itu dimana sebelum kiamat yang sebenarnya terjadi akan ada hal-hal yang akan mengguncang, fitnah-fitnah yang merusak. Maka oleh karena itu diperlukan ilmu untuk mengetahuinya, sementara hadits Rasul yang menjelaskan tentang ini banyak sekali.

Maka oleh karena itulah pentingnya kita mengkaij dan mengetahui supaya kita tidak termasuk bagian daripada fitnah dan kerusakan ini. Berbicara tentang hari kiamat pasti akan menyangkut tiga hal:
1. Sebelum terjadi hari kiamat.
2. Tentang peristiwa hari kiamat itu sendiri.
3. Bagaimana setelah hari kiamat.

Pada kesempatan ini kita akan membicarakan tentang sebelum datangnya hari kiamat, dimana fitnah-fitnah kerusakan demi kerusakan itu terjadi, inilah zamannya dimana kita hidup di zaman yang penuh fitnah, kerusakan, kalau kita tidak mengetahuinya maka kita akan menjadi bahagian daripada fitnah itu sendiri.

Hadits-hadits tentang fitnah akhir zaman ini banyak, tetapi jarang ada yang membahasnya, bahkan karena saking jarangnya dibicarakan sehingga kalau kita sampaikan kadang-kadang orang menjadi kaget, apalagi mendengar orang yang katanya pagi beriman sorenya sudah menjadi kafir, padahal haditsnya shohih.

Tetapi yang ironi orang Yahudi dia lebih tahu tentang Hadits-Hadits ini ketimbang kaum muslimin. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa Rasulullah SAW bersabda “Hari kiamat belum akan terjadi sampai orang beriman memerangi orang yahudi, sampai-sampai orang Yahudi mereka itu bersembunyi di balik batu dan pohon, kemudian pohon dan batu itu bisa berbicara kecuali satu pohon yang melindungi Yahudi yatui pohon ghorqod”.

Tanda-tanda ini sudah mulai kelihatan pada hari ini, kalau kita melihat tayangan-tayangan televisi dan lainnya, kita akan melihat gelombang perlawanan yang di mana kaum muslimin mereka melawan dengan batu
Hadist tentang ini orang Islam tidak tahu, tetapi orang Yahudi sangat tahu, sehingga mereka membuat sistem peringatan dini yaitu dengan menanam pohon ghorqod sebanyak-banyaknya. Ini satu hal yang aneh, maka kita jangan seperti umat yang tidak tahu apa-apa, alangkah ruginya kita hidup ini kalau kita hanya dari rumah ke kantor, rumah ke pasar, rumah ke toko, rumah ke sawah, kapan kita mau mengukir prestasi, mana sumpah kita di hadapan Allah.

Dimana kita bersumpah sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, matiku, semuanya untuk Allah, tetapi kenyataannya yang banyak untuk dirinya sendiri, untuk membangun istananya, untuk kesenangan sendiri, untuk agama Allah mana? bahkan Islam diberikan jatah-jatah sisa.

Itulah contoh betapa umat Islam hari ini kalah dengan orang Yahudi, maka oleh karena itu maksud dari semua ini supaya kita semua ini sadar bahwa kita hidup di akhir zaman yaitu menjelang datangnya hari kiamat.
Di dalam sebuah Hadits Rasulullah mengatakan akan muncul suatu kenyataan yaitu munculnya Dajjal, apa Dajjal itu? Jangan-jangan kalau kita tidak tahu maka kita akan jadi bagian dari pada Dajjal. Kemudian akan muncul bahwa kaum muslimin dikuasai oleh orang orang kafir, kemudian setelah itu akan muncul suatu masa dimana umat Islam akan kembali jaya.

Kemudian akan muncul satu masa dimana umat Islam diantaranya banyak yang murtad dari agamanya sehingga Allah sindir dalam Surat Al-Maidah ayat 54:

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman barang siapa diantara kamu yang murtad dari agamanya maka Allah akan datangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintainya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang mukmin dan bersikap keras terhadap orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut terhadap celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendakinya, dan Allah maha luas (pemberian-Nya) lagi maha mengetahui.

Kemudian akan muncul sebuah kelompok yang akan membawa panji hitam yaitu kelompok yang di kenal dengan Thoifah Al Mansyurah yang akan muncul untuk memberikan kejayaan Islam, yaitu kelompok yang dikenal dengan Ashabu Rayati Suud. Kemudian akan muncul Imam Mahdi yang akan membela kelompok pembawa panji hitam. Kemudian akan munculnya Dajjal.

Oleh karena itulah kita perlu mengingat begitu dahsyatnya huru-hara, petaka, kerusakan yang akan terjadi, sehingga kita perlu banyak berdoa jangan sampai kita menjadi bagian daripada fitnah itu. Salah satu doa yang baik yang kita baca yaitu kita minta diselamatkan daripada fitnah hidup di akhir zaman.
Maka Rasulullah mengingatkan kita semua “Bersegeralah engkau mengerjakan amal-amal yang soleh karena di belakang hari nanti akan muncul fitnah yang gelap seperti gelap malam yang gelap gulita, dimana orang tidak tahu mana haq dan mana bathil.

Download Mp3 Disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s