.::KAJIAN KE EMPAT PULUH SATU: Hadits Tentang Orang Yang Berakal::.

Oleh: Ustadz Abdul Hakim.

Pada kesempatan ini kita akan melanjutkan kembali pembahasan kita, dan kita akan membahas tentang hadits-hadits Rasul. Hadits ini terdapat dalam kitab Sunan At-Tirmidzi, derajat hadisnya Hasan. Hadits ini diriwayatkan oleh sahabat Rasulullah yang bernama Saddad bin Aus bin Tsabit.

Tsabbat bin Aus dalam biografinya mengisahkan ia terkenal seorang sahabat yang ahli zuhud, terkenal juga sebagai seorang sahabat yang penyabar, penyantun, itulah kelebihannya. Dia juga adalah merupakan sahabat dari kalangan Madinah, serta merupakan keponakan dari seorang sahabat besar yang bernama Hasan bin Tsabit.

Sahabat ini adalah seorang sahabat yang juga terkenal sebagai seorang ahli syair, karena memang di zaman Rasulullah musyrikin Quraisy itu sangat mengagungkan syair. Kalau orang ketika itu bisa syair, maka derajatnya tinggi dan mereka punya kedudukan yang terhormat di kalangan Quraisy. Maka beliau ini adalah seorang penyairnya Rasulullah.

Ketika peperangan-peperangan biasanya orang orang Quraisy itu menempatkan wanita-wanita mereka, karena wanita-wanita musyrik itu kadang kadang ikut ke tempat perang, bukan untuk berperang tetapi untuk memberikan semangat berupa syair-syair. Diantara syairnya adalah yang memuji dan membakar semangat dari para suami mereka.

Maka untuk membalas dan mengimbangi syair-syair dari para orang orang Quraisy maka Rosulullah menyuruh para sahabatnya untuk melakukan syair-syair. Sahabat ini dalam perjalanannya akhirnya hijrah ke Palestina dan akhirnya dia meninggal di sana pada tahun 58 Hijriyah.

Tsabbat bin Aus ini kelebihannya adalah dipersaksikan oleh dua sahabat besar jadi kalau ada sahabat sudah diakui oleh dua sahabat maka sahabat itu bisa diandalkan. beliau ini dipuji oleh dua sahabat besar yaitu Ubadah bin Shamit dan Abu Darda. Sahabat ini memuji tentang kepribadiannya Saddad bin Aus.

Abu Darda mengatakan ā€œSesungguhnya Allah azza wa jalla memberikan seseorang itu ilmu tetapi kadang-kadang tidak diberikan sabar. Kadang juga diberi sifat sabar tapi tidak punya ilmu, tetapi kata Abu Darda sahabat ini oleh Allah diberikan kedua-duanya, dia punya ilmu dan dia punya sikap yang sangat sabarā€.

Hadits ini diriwayatkan oleh Tsabbat bin Aus dimana ia mendengar dari Rasulullah bahwa Rasulullah bersabda: Yang disebut orang yang pandai dan orang yang berakal cerdas yaitu orang yang bisa merendahkan hawa nafsunyaā€.

Dijelaskan oleh pensaraha di sini maksudnya adalah bisa dan mampu mengalahkan hawa nafsu. Jadi orang yang pandai adalah orang yang pandai mengalahkan hawa nafsunya. Semua manusia ini ada nafsunya, tetapi nafsu ini adalah bukan untuk dimatikan tetapi untuk dikendalikan. Maka hadits ini mengatakan orang yang pintar itu adalah orang yang mampu mengalahkan hawa nafsunya.

Di dalam diri manusia nafsu punya potensi untuk naik dan untuk turun. Nafsu itu akan naik ketika dia dituruti, karena nafsu yang dituruti itu akan mengarahkan diri kepada keburukan. Jadi nafsu itu untuk dikalahkan. Maka kita diingatkan oleh Nabi bahwa orang yang pandai itu adalah orang yang mampu mengalahkan hawa nafsunya.

Contoh orang yang sudah mampu untuk menundukkan hawa nafsunya adalah Umar bin khatab. Ketika muslimin membuka kota Yerusalem, saat itu Palestina berada di bawah kekuasaan Romawi, oleh tentara Islam setelah menaklukkan beberapa negara maka Palestina juga ditaklukan.

Ketika palestina ditaklukan pasukan Islam mendapatkan rampasan perang yang banyak sekali dan diantaranya adalah pakaian perang yang hebat-hebat dari musuh. Ketika itu penguasa Kristen yang ada di negeri itu sudah menyatakan ingin menyerahkan kekuasaan tetapi dia tidak ingin kekuasaan itu diserahkan kecuali kepada pemimpin Islam.

Maka disuruh datanglah Umar bin khatab, kemudian diutuslah orang yang akan meminta Khalifah untuk datang, tetapi orang ini bukan dari ahli Madinah. Maka iapun pergi untuk menyampaikan kabar kepada khalifah. Di sana Umar bin khatab menunggu-nunggu sampai dia gelisah, sampai-sampai akhirnya ia melihat orang yang masuk ke pintu Madinah.

Pada saat itu Umar sedang inspeksi dan akhirnya bertemulah orang ini dengan Umar. Tetapi utusan ini tidak tahu bahwa itu adalah Umar, maka ketika dia masuk pintu Madinah akhirnya dicegat oleh Umar dan ditanya kamu mau kemana? saya mau ketemu Umar. Kemudian ditanya oleh Umar kenapa? saya mau menyampaikan kabar, sambil Umar memegang tali kekang kudanya dan orang ini naik ke atas kuda, sampai kudanya berjalan dan talinya tetap dipegang oleh Umar.

Kemudian ditanya lagi oleh Umar bin khatab berita apa yang kau bawa? ada berita gembira apa berita gembira itu? Kaum muslimin sudah menguasai Palestina, dan Umar sebagai khalifah diminta untuk datang sendiri mengambil alih kekuasaan. Akhirnya para sahabat yang melihat ini heran dan bertanya siapa itu?

Akhirnya diberi tahu bahwa itu adalah Kholifah maka dia langsung turun dan minta maaf. Kemudian berangkatlah Umar menunggangi unta dan membawa seorang pengawal dan itupun mereka bergantian naiknya. Yang dibawa oleh umar pada saat itu hanyalah tikar untuk shalat dengan alat makan dan minum.

Yang membuat ini menjadi dikenang oleh orang orang kafir ketika kaum muslimin sudah mengetahui Umar sudah hampir masuk Palestina, mereka siap-siaga dengan baju kebesaran untuk menunjukkan kesombongan di hadapan musuh.

Akhirnya Umar datang, dan yang membuat kaisar kafir itu penasaran terkejut adalah ketika masuk gerbang itu kebetulan saat itu yang menunggangi kuda itu adalah si pengawalnya dan Umar dia memegang bali kekangnya, ini yang membuat kaisar kafir itu tidak bisa berpikir. dia akhirnya bertanya siapa yang datang? Itulah kholifah, yang mana khalifahnya? itu yang jalan. luar biasa dan itu selalu di kenang sampai sekarang.

Download Mp3 Disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s